Support us by joining this link

RPP C.1.3. Sistem Komputer

Download RPP & Modul C.1.3. Sistem Komputer Kelas X Semester 1

-----------------------------------------------------------------------------------------------


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
Nomor : 1

Nama Sekolah                         : SMK Darut Taqwa Purwosari
Mata Pelajaran                        : Kompetensi Kejuruan
Kelas / Semester                      : X / 1
Alokasi Waktu                        : 12´ 40 Menit
Standar Kompetensi               : C.1.3. Sistem Komputer
Kompetensi Dasar                   : 1. Sejarah Perkembangan Sistem Komputer
Indikator                                 : 1.1.Menjelaskan perkembangan generasi komputer
1.2.Menjelaskan perkembangan generasi sistem komputer


I.            Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah mengkaji dari berbagai literatur, peserta didik mampu menjelaskan perkembangan generasi komputer
2.      Setelah mengkaji dari berbagai literatur, peserta didik mampu menjelaskan perkembangan generasi sistem komputer

II.            Materi Pembelajaran
1.      Perkembangan generasi komputer :
·         Generasi I
o   Komponen yang digunakan adalah tabung hampa (vacuum tube)
o   Program hanya dapat dibuat dengan bahasa mesin (machine language)
o   Ukuran fisik komputer sangat besar dan memerlukan ruangan yang luas
o   Cepat panas sehingga diperlukan alat pendingin
o   Proses kurang cepat
o   Kapasitas penyimpannya kecil
o   Membutuhkan daya listrik yang besar
·         Generasi II
o   Komponen yang digunakan untuk sirkuitnya adalah transistor
o   Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (high level language), seperti FORTRAN, COBOL, ALGOL
o   Kapasitas memori utama sudah cukup besar, dan dapat menyimpan puluhan ribu karakter
o   Ukuran fisik komputer lebih kecil dari komputer generasi pertama
o   Proses operasi sudah cepat, dapat memproses jutaan operasi per detik
o   Membutuhkan lebih sedikit daya listrik
·         Generasi III
o   Komponen yang dipergunakan adalah IC (Integrated Circuit)
o   Terdapat peningkatan dari softwarenya
o   Kecepatannya hampir 10.000 kali dari komputer generasi pertama, dengan ukuran kecepatan microseconds (jutaan operasi per detik), bahkan sampai nanoseconds (milyaran operasi per detik)
o   Kapasitas memori komputer lebih besar, dapat menyimpan ratusan ribu karakter
o   Penggunaan listrik lebih hemat dibandingkan dengan generasi sebelumnya
o   Memungkinkan untuk melakukan multiprocessing (dapat memproses sejumlah data dari sumber-sumber berbeda pada waktu yang bersamaan) dan multiprogramming (dapat mengerjakan beberapa program sekaligus)
o   Kemampuan melakukan komunikasi data dari satu komputer dengan komputer lainnya
·         Generasi IV
o   Penggunaan Large Scale Integration (LSI), yang merupakan pemadatan beribu-ribu IC yang dijadikan satu dalam sebuah chipLSI kemudian dikembangkan menjadi Very Large Scale Integration (VLSI)
o   Dikembangkannya komputer mikro yang menggunakan microprocessor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori komputer (internal memory)
2.      Perkembangan generasi sistem computer
Sejarah perkembangan sistem komputer adalah sejarah yang terkait dengan perkembangan sistem operasi, dimana dapat dikelompokan menjadi lima kurun waktu (generasi).
1. Generasi Pertama(1945-1955)
2. Generasi Kedua(1955-1965)
3. Generasi Ketiga(1965-1980)
4. Generasi Keempat(1980-2000an)
5. Generasi Kelima (2000an- ??)

III.            Metode Pembelajaran
1.      Ceramah
2.      Diskusi kelompok
3.      Presentasi hasil kerja kelompok
4.      Demonstrasi
5.      Praktikum
6.      Penugasan


IV.            Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan ke – 1 (2 ´ 40 Menit)

Kegiatan
Aktivitas
Waktu
Pembentukan
Karakter
A.    Pendahuluan
1.      Guru dan peserta didik saling mengucapkan salam pembuka
2.      Guru mengecek kehadiran peserta didik
3.      Guru memeriksa kesiapan peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran
4.      Guru memberikan motivasi dengan menampilkan ilustrasi mengenai perkembangan komputer
5.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
10 menit
1.      Sopan santun
2.      Disiplin

B.     Inti
1.      Eksplorasi
a.       Guru memberikan beberapa literatur yang membahas mengenai perkembangan generasi komputer
b.      Guru menugaskan peserta didik untuk membentuk kelompok kecil (4-5 orang) untuk berdiskusi mengenai perkembangan generasi komputer
2.      Elaborasi
a.       Guru membimbing peserta didik berdiskusi mengenai perkembangan generasi komputer
b.      Setiap kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas dan kelompok yang lain memberikan tanggapan dengan waktu yang telah ditentukan
3.      Konfirmasi
a.       Guru mengklarifikasi hasil diskusi bila terjadi kesalahan
b.      Guru memberikan apresiasi terhadap peserta didik yang aktif berpartisipasi dalam diskusi
c.       Guru memberikan motivasi bagi peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif


70 menit
1.      Gemar membaca
2.      Rasa ingin tahu
3.      Berargumen dengan santun
4.      Tenggang rasa
5.      Bertanggung jawab
6.      Kreatif
7.      Disiplin
8.      Kerjasama
9.      Komunikatif

C.    Penutup
1.      Guru dan peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
2.      Guru membantu peserta didik untuk menarik kesimpulan tentang pembelajaran yang telah dilaksanakan
3.      Guru memberikan penugasan kepada peserta didik berkaitan dengan materi atau KD yang akan dibahas di pertemuan berikutnya
4.      Guru dan siswa saling mengucapkan salam penutup
10 menit
1.      Rasa ingin tahu
2.      Bertanggung jawab
3.      Sopan santun

Pertemuan ke – 2 (2 ´40 Menit)

Kegiatan
Aktivitas
Waktu
Pembentukan
Karakter
A.    Pendahuluan
1.      Guru dan peserta didik saling mengucapkan salam pembuka
2.      Guru mengecek kehadiran peserta didik
3.      Guru memeriksa kesiapan peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran
4.      Guru memberikan motivasi dengan menampilkan tabel generasi sistem komputer
5.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
10 menit
1.      Sopan santun
2.      Rasa ingin tahu
3.      Disiplin

B.     Inti
1.      Eksplorasi
a.       Guru memberikan beberapa literatur yang membahas mengenai generasi sistem komputer
b.      Guru menugaskan peserta didik untuk membentuk kelompok kecil (2-3 orang) untuk berdiskusi mengenai generasi sistem komputer
2.      Elaborasi
a.       Guru membimbing peserta didik berdiskusi mengenai generasi sistem komputer
b.      Setiap kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas dan kelompok yang lain memberikan tanggapan dengan waktu yang telah ditentukan
3.      Konfirmasi
a.       Guru mengklarifikasi hasil diskusi bila terjadi kesalahan
b.      Guru memberikan apresiasi terhadap peserta didik yang aktif berpartisipasi dalam diskusi
c.       Guru memberikan motivasi bagi peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
70 menit
1.      Gemar membaca
2.      Rasa ingin tahu
3.      Berargumen dengan santun
4.      Tenggang rasa
5.      Bertanggung jawab
6.      Kreatif
7.      Disiplin
8.      Kerjasama
9.      Komunikatif

C.    Penutup
1.      Guru dan peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
2.      Guru membantu peserta didik untuk menarik kesimpulan tentang pembelajaran yang telah dilaksanakan
3.      Guru memberikan penugasan kepada peserta didik berkaitan dengan materi atau KD yang akan dibahas di pertemuan berikutnya
4.      Guru dan siswa saling mengucapkan salam penutup
10 menit
1.      Rasa ingin tahu
2.      Bertanggung jawab
3.      Sopan santun

V.            Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.      Alat :
1.1  Komputer/laptop
1.2  Whiteboard, spidol, penghapus
1.3  LCD projector
1.4  Software simulasi Logisim
2.      Bahan :
2.1  Slide materi
3.      Sumber Belajar :
3.1  Stallings, William. 2004. Organisasi & Arsitektur Komputer. Jakarta: PT INDEKS Kelompok Gramedia.
3.2  Tocci, Ronald J. dan Neal S. Widmer. 2001. Digital Systems Principles and Applications. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.
3.3  Internet

VI.            Penilaian
1.      Teknik penilaian :
1.1  Pengamatan
1.2  Tes tertulis
1.3  Tes praktikum
2.      Bentuk instrumen :
2.1  Diskusi dan presentasi
2.2  Soal uraian
2.3  Tes perancangan

VII.            Instrumen/Soal
Soal Uraian
Generasi
Tahun
Ciri
Contoh Komputer
0



1



2



3



4



5




VIII.            Rubrik Penilaian
1.      Pengamatan
No.
Peserta Didik
Indikator Sikap
Kerja Sama
Komunikatif
Tenggang Rasa
Penguasaan
Mutu Presentasi
Nilai rata-rata
1.







2.







3.








Skor
Kriteria
4
Sangat baik
3
Baik
2
Cukup
1
Kurang
0
Sangat kurang


2.      Tes tertulis

Skor
Kriteria
5
Memberikan suatu penyelesaian lengkap dan benar
4
Memberikan suatu penyelesaian benar, sedikit cacat tetapi memuaskan
3
Memberikan suatu penyelesaian benar, banyaknya cacat, tetapi hampir memuaskan
2
Memberikan suatu penyelesaian yang ada unsur benarnya, tetapi tidak memadai
1
Mencoba memberi suatu penyelesaian, tetapi salah total
0
Tidak mencoba memberikan penyelesaian sama sekali


3.      Tes Perancangan
Skor
Kriteria
5
Memberikan suatu penyelesaian lengkap dan benar
4
Memberikan suatu penyelesaian benar, sedikit cacat tetapi memuaskan
3
Memberikan suatu penyelesaian benar, banyaknya cacat, tetapi hampir memuaskan
2
Memberikan suatu penyelesaian yang ada unsur benarnya, tetapi tidak memadai
1
Mencoba memberi suatu penyelesaian, tetapi salah total
0
Tidak mencoba memberikan penyelesaian sama sekali




Purwosari,16 September 2016
Mengetahui,
Kepala SMK Darut Taqwa


M. Sholihun, S.Pd.I., MM.
           


Guru Mata Pelajaran Kejuruan TKJ


M. Sirodjudin,M.Kom., MM.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nomor : 2


Nama Sekolah                         : SMK Darut Taqwa Purwosari
Mata Pelajaran                        : Kompetensi Kejuruan
Kelas / Semester                      : X / 1
Alokasi Waktu                        : 12´40 Menit
Standar Kompetensi               : C1.3. Sistem Komputer
Kompetensi Dasar                   : 2. Organisasi Komputer dan Arsitektur Komputer
Indikator                                 : 2.1. Menjelaskan konsep organisasi komputer
                                                  2.2. Menjelaskan konsep arsitektur komputer
                                                  2.3. Menjelaskan konsep struktur computer
                                                  2.4. Menjelaskan konsep arsitektur von Neumann

                                               
I.            Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah mengkaji dari berbagai literatur, peserta didik mampu menjelaskan konsep dan menyebutkan contoh organisasi komputer
2.      Setelah mengkaji dari berbagai literatur, peserta didik mampu menjelaskan konsep dan menyebutkan contoh arsitektur komputer
3.      Setelah mengkaji dari berbagai literatur, peserta didik mampu menjelaskan konsep dan menyebutkan contoh struktur computer
4.      Setelah mengkaji dari berbagai literatur, peserta didik mampu menjelaskan konsep dan menyebutkan contoh arsitektur von Neumann

II.            Materi Pembelajaran
·         Arsitektur Komputer, mempelajari atribut‑atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. contoh: set instruksi, aritmetilka yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.
·         Organisasi Komputer, mempelajari bagian yang terkait dengan unit‑unit operasional computer dan hubungan antara komponen sistem komputer. contoh: sinyal kontrol, interface, teknologi memori.
·         Struktur Komputer , adalah sebuah sistem yang berinteraksi dengan cara tertentu dengan dunia luar. Interaksi dengan dunia luar dilakukan melalui perangkat peripheral dan saluran komunikasi.
·         Arsitektur von Neumann (atau Mesin Von Neumann) adalah arsitektur yang diciptakan oleh John von Neumann (1903-1957). Arsitektur ini digunakan oleh hampir semua komputer saat ini. Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat, “bus”.

 III.            Metode Pembelajaran
1.      Ceramah
2.      Diskusi kelompok
3.      Presentasi hasil kerja kelompok
4.      Demonstrasi
5.      Praktikum
6.      Penugasan



IV.            Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke – 1 (2 ´40 Menit)

Kegiatan
Aktivitas
Waktu
Pembentukan
Karakter
A.    Pendahuluan
1.      Guru dan peserta didik saling mengucapkan salam pembuka
2.      Guru mengecek kehadiran peserta didik
3.      Guru memeriksa kesiapan peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran
4.      Guru memberikan motivasi dengan menampilkan gambar organisasi komputer
5.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
10 menit
1.      Sopan santun
2.      Disiplin
3.      Rasa ingin tahu

B.     Inti
1.      Eksplorasi
a.       Guru memberikan beberapa literatur yang membahas mengenai organisasi komputer
b.      Guru menugaskan peserta didik untuk membentuk kelompok kecil (4-5 orang) untuk berdiskusi mengenai konsep dan contoh organisasi komputer
2.      Elaborasi
a.       Guru membimbing peserta didik berdiskusi untuk memahami konsep dan mengetahui contoh organisasi komputer
b.      Guru membimbing peserta didik untuk menyimpulkan hasil kajian literatur mengenai konsep dan contoh organisasi komputer
c.       Setiap kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas dan   kelompok yang lain memberikan tanggapan dengan waktu yang telah ditentukan
3.      Konfirmasi
a.       Guru mengklarifikasi hasil diskusi bila terjadi kesalahan
b.      Guru memberikan apresiasi terhadap peserta didik yang aktif berpartisipasi dalam diskusi
c.       Guru memberikan motivasi bagi peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif

70 menit
1.      Gemar membaca
2.      Rasa ingin tahu
3.      Berargumen dengan santun
4.      Tenggang rasa
5.      Bertanggung jawab
6.      Kreatif
7.      Disiplin
8.      Kerjasama
9.      Komunikatif

C.    Penutup
1.      Guru dan peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
2.      Guru membantu peserta didik untuk menarik kesimpulan tentang pembelajaran yang telah dilaksanakan
3.      Guru memberikan penugasan kepada peserta didik berkaitan dengan materi atau KD yang akan dibahas di pertemuan berikutnya
4.      Guru dan siswa saling mengucapkan salam penutup
10 menit
1.      Rasa ingin tahu
2.      Sopan santun


Pertemuan ke – 2 (2 ´40 Menit)

Kegiatan
Aktivitas
Waktu
Pembentukan
Karakter
A.    Pendahuluan
1.      Guru dan peserta didik saling mengucapkan salam pembuka
2.      Guru mengecek kehadiran peserta didik
3.      Guru memeriksa kesiapan peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran
4.      Guru memberikan motivasi dengan menampilkan gambar yang berkaitan dengan arsitektur komputer
5.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
10 menit
1.         Sopan santun
2.      Disiplin
3.      Rasa ingin tahu

B.     Inti
1.      Eksplorasi
a.       Guru mendemontrasikan langkah-langkah untuk memahami arsitektur komputer
b.      Guru menugaskan peserta didik untuk memahami arsitektur komputer
2.      Elaborasi
a.       Guru membimbing peserta didik dalam melakukan pemahaman
b.      Guru membantu peserta didik yang mengalami masalah dalam melakukan pemahaman
c.       Guru menunjuk beberapa peserta didik untuk mendemokan pemahaman di depan kelas
3.      Konfirmasi
a.       Guru mengklarifikasi hasil arsitektur komputer bila terjadi kesalahan
b.      Guru memberikan apresiasi terhadap peserta didik yang aktif berpartisipasi praktikum
c.       Guru memberikan motivasi bagi peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
70 menit
1.      Rasa ingin tahu
2.      Bertanggung jawab
3.      Kreatif
4.      Disiplin
5.      Percaya diri
6.      Mandiri

C.    Penutup
1.      Guru dan peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
2.      Guru membantu peserta didik untuk menarik kesimpulan tentang pembelajaran yang telah dilaksanakan
3.      Guru memberikan penugasan kepada peserta didik berkaitan dengan materi atau KD yang akan dibahas di pertemuan berikutnya
4.      Guru dan siswa saling mengucapkan salam penutup
10 menit
1.         Rasa ingin tahu
2.      Bertanggung jawab
3.      Sopan santun


Pertemuan ke – 3 (2 ´40 Menit)

Kegiatan
Aktivitas
Waktu
Pembentukan
Karakter
A.    Pendahuluan
1.      Guru dan peserta didik saling mengucapkan salam pembuka
2.      Guru mengecek kehadiran peserta didik
3.      Guru memeriksa kesiapan peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran
4.      Guru memberikan motivasi dengan menampilkan gambar yang berkaitan dengan struktur komputer
5.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
10 menit
1.      Sopan santun
2.      Disiplin
3.      Rasa ingin tahu

B.     Inti
1.      Eksplorasi
a.       Guru mendemontrasikan langkah-langkah untuk memahami struktur komputer
b.      Guru menugaskan peserta didik untuk memahami struktur komputer
2.      Elaborasi
a.       Guru membimbing peserta didik dalam melakukan pemahaman
b.      Guru membantu peserta didik yang mengalami masalah dalam melakukan pemahaman
c.       Guru menunjuk beberapa peserta didik untuk pemahaman   struktur komputer di depan kelas
3.      Konfirmasi
a.       Guru mengklarifikasi hasil rancangan bila terjadi kesalahan
b.      Guru memberikan apresiasi terhadap peserta didik yang aktif berpartisipasi praktikum
c.       Guru memberikan motivasi bagi peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
70 menit
1.      Rasa ingin tahu
2.      Bertanggung jawab
3.      Kreatif
4.      Disiplin
5.      Percaya diri
6.      Mandiri

C.    Penutup
1.      Guru dan peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
2.      Guru membantu peserta didik untuk menarik kesimpulan tentang pembelajaran yang telah dilaksanakan
3.      Guru memberikan penugasan kepada peserta didik berkaitan dengan materi atau KD yang akan dibahas di pertemuan berikutnya
4.      Guru dan siswa saling mengucapkan salam penutup
10 menit
1.      Rasa ingin tahu
2.      Bertanggung jawab
3.      Sopan santun

Pertemuan ke – 4 (2 ´40 Menit)

Kegiatan
Aktivitas
Waktu
Pembentukan
Karakter
A.    Pendahuluan
1.      Guru dan peserta didik saling mengucapkan salam pembuka
2.      Guru mengecek kehadiran peserta didik
3.      Guru memeriksa kesiapan peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran
4.      Guru memberikan motivasi dengan menampilkan gambar struktur von Neumann
5.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
10 menit
1.      Sopan santun
2.      Disiplin
3.      Rasa ingin tahu

B.     Inti
1.      Eksplorasi
a.       Guru memberikan beberapa literatur yang membahas mengenai struktur von Neumann
b.      Guru menugaskan peserta didik untuk membentuk kelompok kecil (4-5 orang) untuk berdiskusi mengenai konsep struktur von Neumann
2.      Elaborasi
a.       Guru membimbing peserta didik berdiskusi untuk memahami konsep dan mengetahui struktur von Neumann
b.      Guru membimbing peserta didik untuk menyimpulkan hasil kajian literatur mengenai konsep struktur von Neumann
c.       Setiap kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas dan   kelompok yang lain memberikan tanggapan dengan waktu yang telah ditentukan
3.      Konfirmasi
a.       Guru mengklarifikasi hasil diskusi bila terjadi kesalahan
b.      Guru memberikan apresiasi terhadap peserta didik yang aktif berpartisipasi dalam diskusi
c.       Guru memberikan motivasi bagi peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
70 menit
1.      Gemar membaca
2.      Rasa ingin tahu
3.      Berargumen dengan santun
4.      Tenggang rasa
5.      Bertanggung jawab
6.      Kreatif
7.      Disiplin
8.      Kerjasama
9.      Komunikatif

C.    Penutup
1.      Guru dan peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
2.      Guru membantu peserta didik untuk menarik kesimpulan tentang pembelajaran yang telah dilaksanakan
3.      Guru memberikan penugasan kepada peserta didik berkaitan dengan materi atau KD yang akan dibahas di pertemuan berikutnya
4.      Guru dan siswa saling mengucapkan salam penutup
10 menit
1.      Rasa ingin tahu
2.      Bertanggung jawab
3.      Sopan santun
    V.            Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.      Alat :
1.1  Komputer/laptop
1.2  Whiteboard, spidol, penghapus
1.3  LCD projector
2.      Bahan :
2.1  Slide materi
3.      Sumber Belajar :
3.1  Stallings, William. 2004. Organisasi & Arsitektur Komputer. Jakarta: PT INDEKS Kelompok Gramedia.
3.2  Tocci, Ronald J. dan Neal S. Widmer. 2001. Digital Systems Principles and Applications. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.
4.      Internet


 VI.            Penilaian
1.      Teknik penilaian :
1.1  Pengamatan
1.2  Tes tertulis
1.3  Tes praktikum
2.      Bentuk instrumen :
2.1  Diskusi dan presentasi
2.2  Soal uraian
2.3  Tes perancangan

VII.            Instrumen/Soal
1.      Soal Uraian
1. Jelaskan perbedaan antara organisasi komputer dan arsitektur komputer
2. Sebutkan fungsi operasi komputer
3. Jelaskan Arsitektur von Neumann
4. Buatlah gambar dari struktur mesin Von Neumann
5. Jelaskan fungsi Memory, CU, ALU, Input dan Output dari gambar struktur mesin Von Neumann

VIII.            Rubrik Penilaian
1.      Pengamatan
No.
Peserta Didik
Indikator Sikap
Kerja Sama
Komunikatif
Tenggang Rasa
Penguasaan
Mutu Presentasi
Nilai rata-rata
1.







2.







3.








Skor
Kriteria
4
Sangat baik
3
Baik
2
Cukup
1
Kurang
0
Sangat kurang


2.      Tes tertulis
Skor
Kriteria
5
Memberikan suatu penyelesaian lengkap dan benar
4
Memberikan suatu penyelesaian benar, sedikit cacat tetapi memuaskan
3
Memberikan suatu penyelesaian benar, banyaknya cacat, tetapi hampir memuaskan
2
Memberikan suatu penyelesaian yang ada unsur benarnya, tetapi tidak memadai
1
Mencoba memberi suatu penyelesaian, tetapi salah total
0
Tidak mencoba memberikan penyelesaian sama sekali


3.      Tes Perancangan

Skor
Kriteria
5
Memberikan suatu penyelesaian lengkap dan benar
4
Memberikan suatu penyelesaian benar, sedikit cacat tetapi memuaskan
3
Memberikan suatu penyelesaian benar, banyaknya cacat, tetapi hampir memuaskan
2
Memberikan suatu penyelesaian yang ada unsur benarnya, tetapi tidak memadai
1
Mencoba memberi suatu penyelesaian, tetapi salah total
0
Tidak mencoba memberikan penyelesaian sama sekali















Purwosari,16 September 2016
Mengetahui,
Kepala SMK Darut Taqwa



M. Sholihun, S.Pd.I., MM.
           


Guru Mata Pelajaran Kejuruan TKJ



M. Sirodjudin,M.Kom., MM.













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nomor : 3


Nama Sekolah                         : SMK Darut Taqwa Purwosari
Mata Pelajaran                        : Kompetensi Kejuruan
Kelas / Semester                      : X / 1
Alokasi Waktu                        : 3´40 Menit
Standar Kompetensi               : C.1.3. Sistem Komputer
Kompetensi Dasar                   : 3.1.Memahami organisasi komputer
Indikator                                 : 3.1.Memahami Sistem Bilangan Desimal
  3.2. Memahami Sistem Bilangan Biner
                                                  3.3. Memahami Sistem Bilangan Oktal
                                                  3.4Memahami Sistem Bilangan Heksadesimal

I.            Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah mengkaji dari berbagai literatur, peserta didik mampu menjelaskan konsep bilangan desimal
2.      Setelah mengkaji dari berbagai literatur, peserta didik mampu menjelaskan konsep bilangan biner
3.      Setelah mengkaji dari berbagai literatur, peserta didik mampu menjelaskan konsep bilangan oktal
4.      Setelah mengkaji dari berbagai literatur, peserta didik mampu menjelaskan konsep bilangan heksadesimal


II.            Materi Pembelajaran
1 Sistem desimal dan biner
Dala sistebilanga desimal nila yan terdapa padkolom ketiga padTabel 11, yaitu A, disebut satuan, kolom kedu yait  disebu puluhan  disebu ratusan dan seterusnya Kolo A B  menunjukka kenaikapada ekspone denga basi 1 yait 100 1 101 10 102 100 Denga car yan sama setia kolo pad sistem bilangan     biner,  yaitu   sistebilangan  dengabasis, menunjukka ekspone denga basi 2 yait 20 =1 21=2, 22=4, dan seterusnya.

2)  Bilangan Oktal
Bilangan  Oktal  adalah  sistem  bilangan  yang  berbasis  8 dan  mempunyai  delapan  simbol  bilangan  yang  berbeda  : 0,1,2,….,7. Teknik pembagian yang berurutan dapat digunakan untuk mengubah bilangan  desimal menjadi bilangan oktal. Bilangan  desimal  yang  akan  diubah  secara  berturut-turut dibagi   dengan   8   dan   sisa   pembagiannya   harus   selalu dicatat.

3)  Bilangan Hexadesimal
Bilangan heksadesimal, sering      disingkat dengan hex, adalah   bilangan   dengan   basis   1610,   dan   mempunyai   16 simbol yang berbeda, yaitu 0 sampai dengan 15. Bilangan  yang  lebih  besar  dari  1510   memerlukan  lebih  dari satu  digit hex.  Kolom  heksadesimal  menunjukkan  eksponen dengan  basis  16,  yaitu  160  =  1,  161   =  16,  162   =  256,  dan seterusnya.

 III.            Metode Pembelajaran
1.      Ceramah
2.      Diskusi kelompok
3.      Presentasi hasil kerja kelompok
4.      Penugasan




IV.            Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan ke – 1 (2 ´ 40 Menit)

Kegiatan
Aktivitas
Waktu
Pembentukan
Karakter
A.    Pendahuluan
1.      Guru dan peserta didik saling mengucapkan salam pembuka
2.      Guru mengecek kehadiran peserta didik
3.      Guru memeriksa kesiapan peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran
4.      Guru memberikan pre-test mengenai bilangan desimal dan biner
5.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
10 menit
1.      Sopan santun
2.      Disiplin
3.      Rasa ingin tahu

B.     Inti
1.      Eksplorasi
a.    Guru memberikan beberapa literatur mengenai bilangan desimal dan biner
b.    Guru menugaskan peserta didik untuk membentuk kelompok kecil (4-5 orang) untuk berdiskusi
c.    Guru menugaskan setiap kelompok untuk mengkaji literatur-literatur yang diberikan untuk memahami konsep bilangan desimal dan biner
2.      Elaborasi
a.       Guru membimbing peserta didik berdiskusi untuk memahami konsep bilangan desimal dan biner
b.      Setiap kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas dan kelompok yang lain memberikan tanggapan dengan waktu yang telah ditentukan
3.      Konfirmasi
a.       Guru mengklarifikasi hasil diskusi bila terjadi kesalahan
b.      Guru memberikan apresiasi terhadap peserta didik yang aktif berpartisipasi dalam diskusi
c.       Guru memberikan motivasi bagi peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif


50 menit
1.      Rasa ingin tahu
2.      Berargumen dengan santun
3.      Tenggang rasa
4.      Bertanggung jawab
5.      Kreatif
6.      Disiplin
7.      Kerjasama
8.      Komunikatif

C.    Penutup
1.      Guru dan peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
2.      Guru membantu peserta didik untuk menarik kesimpulan tentang pembelajaran yang telah dilaksanakan
3.      Guru memberikan penugasan kepada peserta didik berkaitan dengan materi atau KD yang akan dibahas di pertemuan berikutnya
4.      Guru dan siswa saling mengucapkan salam penutup
10 menit
1.      Rasa ingin tahu
2.      Bertanggung jawab
3.      Sopan santun


Pertemuan ke – 2 (2 ´ 40 Menit)

Kegiatan
Aktivitas
Waktu
Pembentukan
Karakter
A.    Pendahuluan
1.      Guru dan peserta didik saling mengucapkan salam pembuka
2.      Guru mengecek kehadiran peserta didik
3.      Guru memeriksa kesiapan peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran
4.      Guru memberikan ­pre-test yang berkaitan dengan bilangan octal dan biner
5.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
10 menit
1.      Sopan santun
2.      Disiplin
3.      Rasa ingin tahu

B.     Inti
1.      Eksplorasi
a.       Guru menunjukkan konsep bilangan octal dan biner
b.      Guru menugaskan peserta didik untuk membentuk kelompok kecil (4-5 orang) untuk berdiskusi
c.       Guru menugaskan setiap kelompok untuk membuat penjelasan mengenai bilangan octal dan biner
2.      Elaborasi
a.       Guru membimbing peserta didik berdiskusi untuk memahami komponen- bilangan octal dan biner
b.      Setiap kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas dan kelompok yang lain memberikan tanggapan dengan waktu yang telah ditentukan
3.      Konfirmasi
a.       Guru mengklarifikasi hasil diskusi bila terjadi kesalahan
b.      Guru memberikan apresiasi terhadap peserta didik yang aktif berpartisipasi dalam diskusi
c.       Guru memberikan motivasi bagi peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
50 menit
1.      Rasa ingin tahu
2.      Bertanggung jawab
3.      Kreatif
4.      Disiplin
5.      Percaya diri
6.      Mandiri

C.    Penutup
1.      Guru dan peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
2.      Guru membantu peserta didik untuk menarik kesimpulan tentang pembelajaran yang telah dilaksanakan
3.      Guru memberikan penugasan kepada peserta didik berkaitan dengan materi atau KD yang akan dibahas di pertemuan berikutnya
4.      Guru dan siswa saling mengucapkan salam penutup
10 menit
1.      Rasa ingin tahu
2.      Bertanggung jawab
3.      Sopan santun


Pertemuan ke – 3 (2 ´ 40 Menit)

Kegiatan
Aktivitas
Waktu
Pembentukan
Karakter
A.    Pendahuluan
1.      Guru dan peserta didik saling mengucapkan salam pembuka
2.      Guru mengecek kehadiran peserta didik
3.      Guru memeriksa kesiapan peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran
4.      Guru memberikan ­pre-test yang berkaitan dengan bilangan heksadesimal dan biner
5.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
10 menit
1.         Sopan santun
2.      Disiplin
3.      Rasa ingin tahu

B.     Inti
1.      Eksplorasi
a.       Guru menunjukkan konsep bilangan heksadesimal dan biner
b.      Guru menugaskan peserta didik untuk membentuk kelompok kecil (4-5 orang) untuk berdiskusi
c.       Guru menugaskan setiap kelompok untuk membuat penjelasan mengenai bilangan heksadesimal dan biner
2.      Elaborasi
a.       Guru membimbing peserta didik berdiskusi untuk memahami bilangan heksadesimal dan biner
b.      Setiap kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas dan kelompok yang lain memberikan tanggapan dengan waktu yang telah ditentukan
3.      Konfirmasi
a.       Guru mengklarifikasi hasil diskusi bila terjadi kesalahan
b.      Guru memberikan apresiasi terhadap peserta didik yang aktif berpartisipasi dalam diskusi
c.       Guru memberikan motivasi bagi peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
50 menit
1.         Rasa ingin tahu
2.      Bertanggung jawab
3.      Kreatif
4.      Disiplin
5.      Percaya diri
6.      Mandiri

C.    Penutup
1.      Guru dan peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
2.      Guru membantu peserta didik untuk menarik kesimpulan tentang pembelajaran yang telah dilaksanakan
3.      Guru memberikan penugasan kepada peserta didik berkaitan dengan materi atau KD yang akan dibahas di pertemuan berikutnya
4.      Guru dan siswa saling mengucapkan salam penutup
10 menit
1.         Rasa ingin tahu
2.         Bertanggung jawab
3.      Sopan santun

    V.            Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.      Alat :
1.1  Komputer/laptop
1.2  Whiteboard, spidol, penghapus
1.3  LCD projector
2.      Bahan :
2.1  Slide materi
3.      Sumber Belajar :
3.1  Stallings, William. 2004. Organisasi & Arsitektur Komputer. Jakarta: PT INDEKS Kelompok Gramedia.
4.      Internet

 VI.            Penilaian
1.      Teknik penilaian :
1.1  Pengamatan
1.2  Tes tertulis
2.      Bentuk instrumen :
2.1  Diskusi dan presentasi
2.2  Soal uraian

VII.            Instrumen/Soal
1.      Soal Uraian
1) Ubah bilangan biner berikut ini menjadi bilangan desimal.
   (a) 110    (b) 10101         (c) 101101
2) Ubah bilangan desimal berikut ini menjadi bilangan biner.
   (a) 5                    (b) 17               (c) 42               (d) 31
3) Ubah bilangan oktal berikut ini menjadi bilangan biner
   (a) 278    (b) 2108           (c) 558
4) Ubah bilangan biner berikut ini menjadi bilangan oktal
   (a) 010    (b) 110011

VIII.            Rubrik Penilaian
1.      Pengamatan
No.
Peserta Didik
Indikator Sikap
Kerja Sama
Komunikatif
Tenggang Rasa
Penguasaan
Mutu Presentasi
Nilai rata-rata
1.







2.







3.








Skor
Kriteria
4
Sangat baik
3
Baik
2
Cukup
1
Kurang
0
Sangat kurang


2.      Tes tertulis

Skor
Kriteria
5
Memberikan suatu penyelesaian lengkap dan benar
4
Memberikan suatu penyelesaian benar, sedikit cacat tetapi memuaskan
3
Memberikan suatu penyelesaian benar, banyaknya cacat, tetapi hampir memuaskan
2
Memberikan suatu penyelesaian yang ada unsur benarnya, tetapi tidak memadai
1
Mencoba memberi suatu penyelesaian, tetapi salah total
0
Tidak mencoba memberikan penyelesaian sama sekali








Purwosari,16 September 2016
Mengetahui,
Kepala SMK Darut Taqwa



M. Sholihun, S.Pd.I., MM.
           


Guru Mata Pelajaran Kejuruan TKJ



M. Sirodjudin,M.Kom., MM.





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nomor : 4


Nama Sekolah                         : SMK Darut Taqwa Purwosari
Mata Pelajaran                        : Kompetensi Kejuruan
Kelas / Semester                      : X / 1
Alokasi Waktu                        : 3´40 Menit
Standar Kompetensi               : C.1.3. Sistem Komputer
Kompetensi Dasar                   : 4.1. Memahami Operasi Aritmatik
Indikator                                 : 4.1Memahami Penjumlahan Bilangan Biner
  4.2. Memahami Pengurangan Bilangan Biner
                                                  4.3. Memahami Perkalian Bilangan Biner
                                                  4.4Memahami Pembagian Bilangan Biner

I.            Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah mengkaji dari berbagai literatur, peserta didik mampu menjelaskan konsep penjumlahan bilangan biner
2.      Setelah mengkaji dari berbagai literatur, peserta didik mampu menjelaskan konsep pengurangan bilangan biner
3.      Setelah mengkaji dari berbagai literatur, peserta didik mampu menjelaskan konsep perkalian bilangan biner
4.      Setelah mengkaji dari berbagai literatur, peserta didik mampu menjelaskan konsep pembagian bilangan biner


II.            Materi Pembelajaran
a) Penjumlahan Biner
Penjumlahan bilangan biner serupa dengan penjumlahan pada bilangan desimal. Dua bilangan yang akan dijumlahkan disusun secara vertikal dan digit-digit yang mempunyai signifikansi sama ditempatkan pada kolom yang sama. Digit-digit ini kemudian dijumlahkan dan jika dijumlahkan lebih besar dari bilangan basisnya (10 untuk desimal, dan 2 untuk biner), maka ada bilangan yang disimpan. Bilangan yang disimpan ini kemudian dijumlahkan dengan digit di sebelah kirinya, dan seterusnya. Dalam penjumlahan bilangan biner, penyimpanan akan terjadi jika jumlah dari dua digit yang dijumlahkan adalah 2.
Berikut adalah aturan dasar untuk penjumlahan pada sistem bilangan biner.
0 + 0 = 0
0 + 1 = 1
1 + 0 = 1
1 + 1 = 0, simpan 1

b) Pengurangan Biner
Pada bagian ini hanya akan ditinjau pengurangan bilangan biner yang memberikan hasil positif. Dalam hal ini, metode yang digunakan adalah sama dengan metode yang digunakan untuk pengurangan pada bilangan desimal. Dalam pengurangan bilangan biner jika perlu dipinjam 1 dari kolom di sebelah kirinya, yaitu kolom yang mempunyai derajat lebih tinggi. Aturan umum untuk pengurangan pada bilanagan biner adalah sebagai berikut :
0 – 0 = 0
1 – 0 = 1
1 – 1 = 0
0 – 1 = 1, pinjam 1

c) Perkalian
Perkalian pada bilangan biner mempunyai aturan sebagai berikut :
0 x 0 = 0
1 x 0 = 0
0 x 1 = 0
1 x 1 = 1
Perkalian bilangan biner dapat dilakukan seperti perkalian bilangan desimal. Sebagai contoh, untuk mengalikan 11102 = 1410 dengan 11012 = 1310 langkah-langkah yang harus ditempuh adalah :
Biner                           Desimal
1 1 1 0                         1 4
1 1 0 1                         1 3
------------------------    ----------
1 1 1 0                         4 2
         0 0 0 0                         1 4
      1 1 1 0
   1 1 1 0
        ---------------------------------+ -------------- +
            1 0 1 1 0 1 1 0                     1 8 2
Perkalian juga bisa dilakukan dengan menambah bilangan yang dikalikan ke bilangan itu sendiri sebanyak bilangan pengali.
Contoh di atas, hasil yang sama akan diperoleh dengan menambahkan 1112 ke bilangan itu senidiri sebanyak
11012 atau tiga belas kali.

d) Pembagian
Pembagian pada sistem bilangan biner dapat dilakukan sama seperti contoh pembagian pada sistem bilangan desimal. Sebagai contoh, untuk membagi 110011 (disebut bilangan yang dibagi) dengan 1001 (disebut pembagi), langkah-langkah berikut perlu dilakukan.
         Hasil          1 0 1
Pembagi 1 0 0 1          1 1 0 0 1
         1 0 0 1
         ------------------
         0 0 1 1 1 1
   1 0 0 1
               -----------------
Sisa                                        1 1 0
Sehingga hasilnya adalah 1012, dan sisa pembagian adalah 1102.
Pembagian bisa juga dilakukan dengan cara menjumlahkan secara berulang kali bilangan pembagi dengan bilangan itu sendiri sampai jumlahnya sama dengan bilangan yang dibagi atau setelah sisa pembagian yang diperoleh lebih kecil dari bilangan pembagi.

 III.            Metode Pembelajaran
1.      Ceramah
2.      Diskusi kelompok
3.      Presentasi hasil kerja kelompok
4.      Penugasan

IV.            Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke – 1 (2 ´ 40 Menit)
Kegiatan
Aktivitas
Waktu
Pembentukan
Karakter
A.    Pendahuluan
1.      Guru dan peserta didik saling mengucapkan salam pembuka
2.      Guru mengecek kehadiran peserta didik
3.      Guru memeriksa kesiapan peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran
4.      Guru memberikan pre-test mengenai penjumlahan dan pengurangan bilangan biner
5.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
10 menit
1.      Sopan santun
2.      Disiplin
3.      Rasa ingin tahu

B.     Inti
1.      Eksplorasi
a.       Guru memberikan beberapa literatur mengenai penjumlahan dan pengurangan bilangan biner
b.    Guru menugaskan peserta didik untuk membentuk kelompok kecil (4-5 orang) untuk berdiskusi
c.    Guru menugaskan setiap kelompok untuk mengkaji literatur-literatur yang diberikan untuk memahami penjumlahan dan pengurangan bilangan biner
2.      Elaborasi
a.       Guru membimbing peserta didik berdiskusi untuk memahami penjumlahan dan pengurangan bilangan biner
b.      Setiap kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas dan kelompok yang lain memberikan tanggapan dengan waktu yang telah ditentukan
3.      Konfirmasi
a.       Guru mengklarifikasi hasil diskusi bila terjadi kesalahan
b.      Guru memberikan apresiasi terhadap peserta didik yang aktif berpartisipasi dalam diskusi
c.       Guru memberikan motivasi bagi peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif


50 menit
1.      Rasa ingin tahu
2.      Berargumen dengan santun
3.      Tenggang rasa
4.      Bertanggung jawab
5.      Kreatif
6.      Disiplin
7.      Kerjasama
8.      Komunikatif

C.    Penutup
1.      Guru dan peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
2.      Guru membantu peserta didik untuk menarik kesimpulan tentang pembelajaran yang telah dilaksanakan
3.      Guru memberikan penugasan kepada peserta didik berkaitan dengan materi atau KD yang akan dibahas di pertemuan berikutnya
4.      Guru dan siswa saling mengucapkan salam penutup
10 menit
1.      Rasa ingin tahu
2.      Bertanggung jawab
3.      Sopan santun


Pertemuan ke – 2 (2 ´ 40 Menit)

Kegiatan
Aktivitas
Waktu
Pembentukan
Karakter
A.    Pendahuluan
1.      Guru dan peserta didik saling mengucapkan salam pembuka
2.      Guru mengecek kehadiran peserta didik
3.      Guru memeriksa kesiapan peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran
4.      Guru memberikan ­pre-test yang berkaitan dengan perkalian bilangan biner
5.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
10 menit
1.      Sopan santun
2.      Disiplin
3.      Rasa ingin tahu

B.     Inti
1.      Eksplorasi
a.       Guru menunjukkan konsep perkalian bilangan biner
b.      Guru menugaskan peserta didik untuk membentuk kelompok kecil (4-5 orang) untuk berdiskusi
c.       Guru menugaskan setiap kelompok untuk membuat penjelasan mengenai perkalian bilangan biner
2.      Elaborasi
a.       Guru membimbing peserta didik berdiskusi untuk memahami perkalian bilangan biner
b.      Setiap kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas dan kelompok yang lain memberikan tanggapan dengan waktu yang telah ditentukan
3.      Konfirmasi
a.       Guru mengklarifikasi hasil diskusi bila terjadi kesalahan
b.      Guru memberikan apresiasi terhadap peserta didik yang aktif berpartisipasi dalam diskusi
c.       Guru memberikan motivasi bagi peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
50 menit
1.      Rasa ingin tahu
2.      Bertanggung jawab
3.      Kreatif
4.      Disiplin
5.      Percaya diri
6.      Mandiri

C.    Penutup
1.      Guru dan peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
2.      Guru membantu peserta didik untuk menarik kesimpulan tentang pembelajaran yang telah dilaksanakan
3.      Guru memberikan penugasan kepada peserta didik berkaitan dengan materi atau KD yang akan dibahas di pertemuan berikutnya
4.      Guru dan siswa saling mengucapkan salam penutup
10 menit
4.      Rasa ingin tahu
5.      Bertanggung jawab
6.      Sopan santun


Pertemuan ke – 3 (2 ´ 40 Menit)

Kegiatan
Aktivitas
Waktu
Pembentukan
Karakter
A.    Pendahuluan
1.      Guru dan peserta didik saling mengucapkan salam pembuka
2.      Guru mengecek kehadiran peserta didik
3.      Guru memeriksa kesiapan peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran
4.      Guru memberikan ­pre-test yang berkaitan dengan pembagian bilangan biner
5.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
10 menit
1.      Sopan santun
2.      Disiplin
3.      Rasa ingin tahu

B.     Inti
1.      Eksplorasi
a.       Guru menunjukkan konsep pembagian bilangan biner
b.      Guru menugaskan peserta didik untuk membentuk kelompok kecil (4-5 orang) untuk berdiskusi
c.       Guru menugaskan setiap kelompok untuk membuat penjelasan mengenai pembagian bilangan biner
2.      Elaborasi
a.       Guru membimbing peserta didik berdiskusi untuk memahami pembagian bilangan biner
b.      Setiap kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas dan kelompok yang lain memberikan tanggapan dengan waktu yang telah ditentukan
3.      Konfirmasi
a.       Guru mengklarifikasi hasil diskusi bila terjadi kesalahan
b.      Guru memberikan apresiasi terhadap peserta didik yang aktif berpartisipasi dalam diskusi
c.       Guru memberikan motivasi bagi peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
50 menit
1.      Rasa ingin tahu
2.      Bertanggung jawab
3.      Kreatif
4.      Disiplin
5.      Percaya diri
6.      Mandiri

C.    Penutup
1.      Guru dan peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
2.      Guru membantu peserta didik untuk menarik kesimpulan tentang pembelajaran yang telah dilaksanakan
3.      Guru memberikan penugasan kepada peserta didik berkaitan dengan materi atau KD yang akan dibahas di pertemuan berikutnya
4.      Guru dan siswa saling mengucapkan salam penutup
10 menit
1.      Rasa ingin tahu
2.         Bertanggung jawab
3.      Sopan santun

    V.            Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.      Alat :
1.1  Komputer/laptop
1.2  Whiteboard, spidol, penghapus
1.3  LCD projector
2.      Bahan :
2.1  Slide materi
3.      Sumber Belajar :
3.1  Stallings, William. 2004. Organisasi & Arsitektur Komputer. Jakarta: PT INDEKS Kelompok Gramedia.
4.      Internet

 VI.            Penilaian
1.      Teknik penilaian :
1.1  Pengamatan
1.2  Tes tertulis
2.      Bentuk instrumen :
2.1  Diskusi dan presentasi
2.2  Soal uraian

VII.            Instrumen/Soal
1.      Soal Uraian
1) Ubah bilangan biner berikut ini menjadi bilangan desimal : (a) 110 (b) 10101 (c) 101101
2) Ubah bilangan desimal berikut ini menjadi bilangan biner : (a) 5 (b) 17 (c) 42 (d) 31
3) Ubah bilangan oktal berikut ini menjadi bilangan biner : (a) 278 (b) 2108 (c) 558
4) Ubah bilangan biner berikut ini menjadi bilangan oktal : (a) 010 (b) 110011
5) Kurangilah 11112 dengan 01012 !
6) Bagilah 1100112 dengan 10012 !
7) Kalikanlah 11102 dengan 11012 !

VIII.            Rubrik Penilaian
1.      Pengamatan
No.
Peserta Didik
Indikator Sikap
Kerja Sama
Komunikatif
Tenggang Rasa
Penguasaan
Mutu Presentasi
Nilai rata-rata
1.







2.







3.








Skor
Kriteria
4
Sangat baik
3
Baik
2
Cukup
1
Kurang
0
Sangat kurang


2.      Tes tertulis

Skor
Kriteria
5
Memberikan suatu penyelesaian lengkap dan benar
4
Memberikan suatu penyelesaian benar, sedikit cacat tetapi memuaskan
3
Memberikan suatu penyelesaian benar, banyaknya cacat, tetapi hampir memuaskan
2
Memberikan suatu penyelesaian yang ada unsur benarnya, tetapi tidak memadai
1
Mencoba memberi suatu penyelesaian, tetapi salah total
0
Tidak mencoba memberikan penyelesaian sama sekali











Purwosari,16 September 2016
Mengetahui,
Kepala SMK Darut Taqwa



M. Sholihun, S.Pd.I., MM.
           


Guru Mata Pelajaran Kejuruan TKJ



M. Sirodjudin,M.Kom., MM.





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nomor : 5


Nama Sekolah                         : SMK Darut Taqwa Purwosari
Mata Pelajaran                        : Kompetensi Kejuruan
Kelas / Semester                      : X / 1
Alokasi Waktu                        : 3´40 Menit
Standar Kompetensi               : C.1.3. Sistem Komputer
Kompetensi Dasar                   : 5. Memahami Relasi Logik Dan Fungsi Gerbang Dasar
Indikator                                 : 5.1Memahami Relasi Logik Dan Fungsi Gerbang Dasar AND
  5.2. Memahami Relasi Logik Dan Fungsi Gerbang Dasar OR
                                                  5.3. Memahami Relasi Logik Dan Fungsi Gerbang DasaNOT,
         NAND, XNOR

I.            Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah mengkaji dari berbagai literatur, peserta didik mampu menjelaskan konsep relasi logik dan fungsi gerbang dasar AND
2.      Setelah mengkaji dari berbagai literatur, peserta didik mampu menjelaskan konsep relasi logik dan fungsi gerbang dasar OR
3.      Setelah mengkaji dari berbagai literatur, peserta didik mampu menjelaskan konsep relasi logik dan fungsi gerbang dasar NOT, NAND dan XNOR

II.            Materi Pembelajaran
1.      AND
Gerbang AND adalah rangkaian elektronik yang mengeluarkan nilai voltase tinggi ( 1 ) jika semua inputnya bernilai 1. Tanda titik ( . ) digunakan untuk menunjukkan operasi AND.
Contoh : Y = A . B = A AND B

2.      OR
Gerbang OR adalah rangkaian elektronik yang mengeluarkan nilai voltase tinggi ( 1 ) jika salah satu imput-nya bernilai 1. Tanda ( + ) digunakan untuk menunjukkan operasi OR.
Contoh : Y = A + B = A OR B

3.      NOT
Gerbang NOT adalah rangkaian elektronik yang menghasilkan keluaran bernilai kebalikan dari nilai masukan. Dikenal juga sebagaiinverter. Jika masukannya A maka keluarannya NOT A. Simbol yang menunjukkan operasi NOT adalah “NOT”, “ ‘ “ atau “­ ˉˉˉ ”. Contoh : Y = A’ = A = NOT A

4.      NAND (NOT AND)
Gerbang NAND adalah rangkaian elektronik yang menggabungkan gerbang AND diikuti gerbang NOT. Pada dasarnya gerbang NAND merupakan kebalikan dari gerbang AND. Lingkaran kecil pada sisi keluaran gerbang NAND menunjukkan logika inverse (NOT). Keluaran gerbang NAND adalah tinggi (1) jika salah satu masukannya bernilai 0. Contoh : Y = A . B = A NAND B

5.      XNOR
Gerbang XNOR adalah rangkaian elektronik yang mengeluarkan nilai rendah (0) jika salah satu, tapi tidak keduanya, masukannya bernilai 1. Gerbang XNOR merupakan kebalikan dari gerbang XOR. Nilai keluarannya akan sama dengan 1 jika nilai masukannya sama. Kebalikan dari gerbang XOR. Contoh :
 Y = A XNOR B = A B.

Gerbang XNOR adalah gabungan dari beberapa gerbang dasar. Logika proses gerbang XNOR adalah sebagai berikut :
Y = A  B = A’ . B’ + A . B.

III.            Metode Pembelajaran
1.      Ceramah
2.      Diskusi kelompok
3.      Presentasi hasil kerja kelompok
4.      Penugasan

IV.            Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke – 1 (2 ´ 40 Menit)
Kegiatan
Aktivitas
Waktu
Pembentukan
Karakter
A.    Pendahuluan
1.      Guru dan peserta didik saling mengucapkan salam pembuka
2.      Guru mengecek kehadiran peserta didik
3.      Guru memeriksa kesiapan peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran
4.      Guru memberikan pre-test mengenai relasi logik dan fungsi gerbang dasar   AND
5.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
10 menit
1.      Sopan santun
2.      Disiplin
3.      Rasa ingin tahu

B.     Inti
1.      Eksplorasi
a.       Guru memberikan beberapa literatur mengenai relasi logikdan fungsi gerbang dasar AND
b.    Guru menugaskan peserta didik untuk membentuk kelompok kecil (4-5 orang) untuk berdiskusi
c.    Guru menugaskan setiap kelompok untuk mengkaji literatur-literatur yang diberikan untuk memahami relasi logik danfungsi gerbang dasar AND
2.      Elaborasi
a.       Guru membimbing peserta didik berdiskusi untuk memahami relasi logik dan fungsi gerbang dasar AND
b.      Setiap kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas dan kelompok yang lain memberikan tanggapan dengan waktu yang telah ditentukan
3.      Konfirmasi
a.       Guru mengklarifikasi hasil diskusi bila terjadi kesalahan
b.      Guru memberikan apresiasi terhadap peserta didik yang aktif berpartisipasi dalam diskusi
c.       Guru memberikan motivasi bagi peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif

50 menit
1.      Rasa ingin tahu
2.      Berargumen dengan santun
3.      Tenggang rasa
4.      Bertanggung jawab
5.      Kreatif
6.      Disiplin
7.      Kerjasama
8.      Komunikatif

C.    Penutup
1.      Guru dan peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
2.      Guru membantu peserta didik untuk menarik kesimpulan tentang pembelajaran yang telah dilaksanakan
3.      Guru memberikan penugasan kepada peserta didik berkaitan dengan materi atau KD yang akan dibahas di pertemuan berikutnya
4.      Guru dan siswa saling mengucapkan salam penutup
10 menit
1.      Rasa ingin tahu
2.      Bertanggung jawab
3.      Sopan santun


Pertemuan ke – 2 (2 ´ 40 Menit)

Kegiatan
Aktivitas
Waktu
Pembentukan
Karakter
A.    Pendahuluan
1.      Guru dan peserta didik saling mengucapkan salam pembuka
2.      Guru mengecek kehadiran peserta didik
3.      Guru memeriksa kesiapan peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran
4.      Guru memberikan ­pre-test yang berkaitan dengan relasi logik danfungsi gerbang dasar OR
5.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
10 menit
1.      Sopan santun
2.      Disiplin
3.      Rasa ingin tahu

B.     Inti
1.      Eksplorasi
a.       Guru menunjukkan konsep relasi logik dan fungsi gerbang dasar OR
b.      Guru menugaskan peserta didik untuk membentuk kelompok kecil (4-5 orang) untuk berdiskusi
c.       Guru menugaskan setiap kelompok untuk membuat penjelasan mengenai relasi logik dan fungsi gerbang dasar OR
2.      Elaborasi
a.       Guru membimbing peserta didik berdiskusi untuk memahami perkalian bilangan biner
b.      Setiap kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas dan kelompok yang lain memberikan tanggapan dengan waktu yang telah ditentukan
3.      Konfirmasi
a.       Guru mengklarifikasi hasil diskusi bila terjadi kesalahan
b.      Guru memberikan apresiasi terhadap peserta didik yang aktif berpartisipasi dalam diskusi
c.       Guru memberikan motivasi bagi peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
50 menit
1.      Rasa ingin tahu
2.      Bertanggung jawab
3.      Kreatif
4.      Disiplin
5.      Percaya diri
6.      Mandiri

C.    Penutup
1.      Guru dan peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
2.      Guru membantu peserta didik untuk menarik kesimpulan tentang pembelajaran yang telah dilaksanakan
3.      Guru memberikan penugasan kepada peserta didik berkaitan dengan materi atau KD yang akan dibahas di pertemuan berikutnya
4.      Guru dan siswa saling mengucapkan salam penutup
10 menit
1.      Rasa ingin tahu
2.      Bertanggung jawab
3.      Sopan santun


Pertemuan ke – 3 (2 ´ 40 Menit)

Kegiatan
Aktivitas
Waktu
Pembentukan
Karakter
A.    Pendahuluan
1.      Guru dan peserta didik saling mengucapkan salam pembuka
2.      Guru mengecek kehadiran peserta didik
3.      Guru memeriksa kesiapan peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran
4.      Guru memberikan ­pre-test yang berkaitan dengan relasi logik danfungsi gerbang dasar NOT, NAND dan XNOR
5.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
10 menit
1.      Sopan santun
2.      Disiplin
3.      Rasa ingin tahu

B.     Inti
1.      Eksplorasi
a.       Guru menunjukkan konsep relasi logik dan fungsi gerbangdasar NOT, NAND dan XNOR
b.      Guru menugaskan peserta didik untuk membentuk kelompok kecil (4-5 orang) untuk berdiskusi
c.       Guru menugaskan setiap kelompok untuk membuat penjelasan mengenai relasi logik dan fungsi gerbang dasar NOT, NAND dan XNOR
2.      Elaborasi
a.       Guru membimbing peserta didik berdiskusi untuk memahami relasi logik dan fungsi gerbang dasar NOT, NAND dan XNOR
b.      Setiap kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas dan kelompok yang lain memberikan tanggapan dengan waktu yang telah ditentukan
3.      Konfirmasi
a.       Guru mengklarifikasi hasil diskusi bila terjadi kesalahan
b.      Guru memberikan apresiasi terhadap peserta didik yang aktif berpartisipasi dalam diskusi
c.       Guru memberikan motivasi bagi peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
50 menit
1.      Rasa ingin tahu
2.      Bertanggung jawab
3.      Kreatif
4.      Disiplin
5.      Percaya diri
6.      Mandiri

C.    Penutup
1.      Guru dan peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
2.      Guru membantu peserta didik untuk menarik kesimpulan tentang pembelajaran yang telah dilaksanakan
3.      Guru memberikan penugasan kepada peserta didik berkaitan dengan materi atau KD yang akan dibahas di pertemuan berikutnya
4.      Guru dan siswa saling mengucapkan salam penutup
10 menit
1.      Rasa ingin tahu
2.         Bertanggung jawab
3.      Sopan santun

V.            Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.      Alat :
1.1  Komputer/laptop
1.2  Whiteboard, spidol, penghapus
1.3  LCD projector
2.      Bahan :
2.1  Slide materi
3.      Sumber Belajar :
3.1  Stallings, William. 2004. Organisasi & Arsitektur Komputer. Jakarta: PT INDEKS Kelompok Gramedia.
4.      Internet

VI.            Penilaian
1.      Teknik penilaian :
1.1  Pengamatan
1.2  Tes tertulis
2.      Bentuk instrumen :
2.1  Diskusi dan presentasi
2.2  Soal uraian

VII.            Instrumen/Soal
1.      Soal Uraian
1.         Mengeluarkan nilai voltase tinggi ( 1 ) jika salah satu input-nya bernilai 1, merupakan gerbang logika…
2.         Keluaran bernilai kebalikan dari nilai masukan, merupakan gerbang logika…
3.         Mengeluarkan nilai voltase tinggi ( 1 ) jika semua inputnya bernilai 1, merupakan gerbang logika…
4.         Apa yang di maksud dengan inverter
5.         Tuliskan tanda operasi dari masing-masing gerbang di bawah ini:
a.         AND
b.        OR
c.         NOT
d.        NAND
e.         NOR
6.         Jelaskan ciri-ciri dan gambarkan simbol dari gerbang logika NAND
7.         Jelaskan ciri-ciri dan gambarkan simbol dari gerbang logika NOR
8.         Gambarkan simbol dari gerbang logika dibawah ini:
a.         AND
b.        OR
c.         NOT
9.         Buatlah tabel kebenaran dari rangkaian dan operasi gerbang logika dibawah ini
a.         Rangkaian
b.        Operasi
Y = (A+B).NOT C
10.     Buatlah tabel kebenaran dari rangkaian dan operasi gerbang logika dibawah ini
a.         Rangkaian
b.        Operasi

Y = (A.B)+(B.C)


VIII.            Rubrik Penilaian
1.      Pengamatan
No.
Peserta Didik
Indikator Sikap
Kerja Sama
Komunikatif
Tenggang Rasa
Penguasaan
Mutu Presentasi
Nilai rata-rata
1.







2.







3.








Skor
Kriteria
4
Sangat baik
3
Baik
2
Cukup
1
Kurang
0
Sangat kurang


2.      Tes tertulis

Skor
Kriteria
5
Memberikan suatu penyelesaian lengkap dan benar
4
Memberikan suatu penyelesaian benar, sedikit cacat tetapi memuaskan
3
Memberikan suatu penyelesaian benar, banyaknya cacat, tetapi hampir memuaskan
2
Memberikan suatu penyelesaian yang ada unsur benarnya, tetapi tidak memadai
1
Mencoba memberi suatu penyelesaian, tetapi salah total
0
Tidak mencoba memberikan penyelesaian sama sekali











Purwosari,16 September 2016
Mengetahui,
Kepala SMK Darut Taqwa



M. Sholihun, S.Pd.I., MM.
           


Guru Mata Pelajaran Kejuruan TKJ



M. Sirodjudin,M.Kom., MM.




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nomor : 6


Nama Sekolah                         : SMK Darut Taqwa Purwosari
Mata Pelajaran                        : Kompetensi Kejuruan
Kelas / Semester                      : X / 1
Alokasi Waktu                        : 3´40 Menit
Standar Kompetensi               : C.1.3. Sistem Komputer
Kompetensi Dasar                   : 6. Desain Dan Simulasi Logika Sirkuit Digital Menggunakan
      Logisim
Indikator                                 : 6.1Desain Gerbang Logika Sirkuit Digital Menggunakan Logisim
                                                  6.2. Simulasi Gerbang Logika Sirkuit Digital Menggunakan Logisim

I.            Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah mengkaji dari berbagai literatur, peserta didik mampu menjelaskan konsep desain logika sirkuit digital menggunakan Logisim
2.      Setelah mengkaji dari berbagai literatur, peserta didik mampu menjelaskan konsep simulasi logika sirkuit digital menggunakan Logisim

II.            Materi Pembelajaran
III.            Metode Pembelajaran
1.      Ceramah
2.      Diskusi kelompok
3.      Presentasi hasil kerja kelompok
4.      Penugasan

IV.            Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke – 1 (2 ´ 40 Menit)
Kegiatan
Aktivitas
Waktu
Pembentukan
Karakter
A.    Pendahuluan
1.      Guru dan peserta didik saling mengucapkan salam pembuka
2.      Guru mengecek kehadiran peserta didik
3.      Guru memeriksa kesiapan peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran
4.      Guru memberikan pre-test mengenai desain dengan logisim
5.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
10 menit
1.      Sopan santun
2.      Disiplin
3.      Rasa ingin tahu

B.     Inti
1.      Eksplorasi
a.       Guru memberikan beberapa literatur mengenai desain dengan logisim
b.    Guru menugaskan peserta didik untuk membentuk kelompok kecil (4-5 orang) untuk berdiskusi
c.    Guru menugaskan setiap kelompok untuk mengkaji literatur-literatur yang diberikan untuk memahami desain dengan logisim
2.      Elaborasi
a.       Guru membimbing peserta didik berdiskusi untuk memahami desain dengan logisim
b.      Setiap kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas dan kelompok yang lain memberikan tanggapan dengan waktu yang telah ditentukan
3.      Konfirmasi
a.       Guru mengklarifikasi hasil diskusi bila terjadi kesalahan
b.      Guru memberikan apresiasi terhadap peserta didik yang aktif berpartisipasi dalam diskusi
c.       Guru memberikan motivasi bagi peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif

50 menit
1.      Rasa ingin tahu
2.      Berargumen dengan santun
3.      Tenggang rasa
4.      Bertanggung jawab
5.      Kreatif
6.      Disiplin
7.      Kerjasama
8.      Komunikatif

C.    Penutup
1.      Guru dan peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
2.      Guru membantu peserta didik untuk menarik kesimpulan tentang pembelajaran yang telah dilaksanakan
3.      Guru memberikan penugasan kepada peserta didik berkaitan dengan materi atau KD yang akan dibahas di pertemuan berikutnya
4.      Guru dan siswa saling mengucapkan salam penutup
10 menit
1.      Rasa ingin tahu
2.      Bertanggung jawab
3.      Sopan santun





Pertemuan ke – 2 (2 ´ 40 Menit)

Kegiatan
Aktivitas
Waktu
Pembentukan
Karakter
A.    Pendahuluan
1.      Guru dan peserta didik saling mengucapkan salam pembuka
2.      Guru mengecek kehadiran peserta didik
3.      Guru memeriksa kesiapan peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran
4.      Guru memberikan ­pre-test yang berkaitan dengan simulasi dengan logisim
5.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
10 menit
1.      Sopan santun
2.      Disiplin
3.      Rasa ingin tahu

B.     Inti
1.      Eksplorasi
a.       Guru menunjukkan konsep simulasi dengan logisim
b.      Guru menugaskan peserta didik untuk membentuk kelompok kecil (4-5 orang) untuk berdiskusi
c.       Guru menugaskan setiap kelompok untuk membuat penjelasan mengenai simulasi dengan logisim
2.      Elaborasi
a.       Guru membimbing peserta didik berdiskusi untuk memahami simulasi dengan logisim
b.      Setiap kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas dan kelompok yang lain memberikan tanggapan dengan waktu yang telah ditentukan
3.      Konfirmasi
a.       Guru mengklarifikasi hasil diskusi bila terjadi kesalahan
b.      Guru memberikan apresiasi terhadap peserta didik yang aktif berpartisipasi dalam diskusi
c.       Guru memberikan motivasi bagi peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
50 menit
1.      Rasa ingin tahu
2.      Bertanggung jawab
3.      Kreatif
4.      Disiplin
5.      Percaya diri
6.      Mandiri

C.    Penutup
1.      Guru dan peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
2.      Guru membantu peserta didik untuk menarik kesimpulan tentang pembelajaran yang telah dilaksanakan
3.      Guru memberikan penugasan kepada peserta didik berkaitan dengan materi atau KD yang akan dibahas di pertemuan berikutnya
4.      Guru dan siswa saling mengucapkan salam penutup
10 menit
1.      Rasa ingin tahu
2.      Bertanggung jawab
3.      Sopan santun

V.            Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.      Alat :
1.1  Komputer/laptop
1.2  Whiteboard, spidol, penghapus
1.3  LCD projector
2.      Bahan :
2.1  Slide materi
3.      Sumber Belajar :
3.1  Stallings, William. 2004. Organisasi & Arsitektur Komputer. Jakarta: PT INDEKS Kelompok Gramedia.
4.      Internet

VI.            Penilaian
1.      Teknik penilaian :
1.1  Pengamatan
1.2  Tes tertulis
2.      Bentuk instrumen :
2.1  Diskusi dan presentasi
2.2  Soal uraian

VII.            Instrumen/Soal
1.      Soal Uraian
1.      Ujicoba operasi gerbang logika dibawah ini dengan logisim
a.         Rangkaian
b.        Operasi
Y = (A+B).NOT C
2.         Ujicoba operasi gerbang logika dibawah ini dengan logisim
a.         Rangkaian
b.        Operasi


Y = (A.B)+(B.C)


VIII.            Rubrik Penilaian
1.      Pengamatan
No.
Peserta Didik
Indikator Sikap
Kerja Sama
Komunikatif
Tenggang Rasa
Penguasaan
Mutu Presentasi
Nilai rata-rata
1.







2.







3.








Skor
Kriteria
4
Sangat baik
3
Baik
2
Cukup
1
Kurang
0
Sangat kurang





2.      Tes tertulis

Skor
Kriteria
5
Memberikan suatu penyelesaian lengkap dan benar
4
Memberikan suatu penyelesaian benar, sedikit cacat tetapi memuaskan
3
Memberikan suatu penyelesaian benar, banyaknya cacat, tetapi hampir memuaskan
2
Memberikan suatu penyelesaian yang ada unsur benarnya, tetapi tidak memadai
1
Mencoba memberi suatu penyelesaian, tetapi salah total
0
Tidak mencoba memberikan penyelesaian sama sekali











Purwosari,16 September 2016
Mengetahui,
Kepala SMK Darut Taqwa



M. Sholihun, S.Pd.I., MM.
           


Guru Mata Pelajaran Kejuruan TKJ



M. Sirodjudin,M.Kom., MM.


1 comment:

  1. Pak, kok tidak bisa di download ya? Sampai di adf.ly ga muncul apa-apa.

    ReplyDelete