Support us by joining this link

13 April 2013

Kesan Pertama

Di tahun 2013 ini terjadi banyak perubahan. Baik perubahan di lingkungan kampus Yudharta maupun di lingkungan SMK Darut Taqwa. Jika di kampus terjadi regenerasi dan rolling posisi, maka di SMK, untuk pertamakalinya banyak personil baru yang direkrut sebagai panitia UN.

Menjadi panitia ujian, sebenarnya adalah hal yang dari dulu ingin aku rasakan. Yah, penasaran saja sih. Semenjak menjadi seorang guru pada tahun 2004, baru kali ini aku diikutsertakan menjadi panitia ujian sekolah. Ketika pertamakali menerima SK, rasanya gimana gitu. Hehehehe, norak ah, jadi panitia sekali aja langsung "salting" sendiri. Hehehe...

Kebetulan tahun ini aku ditugasi menjadi seksi naskah. Pada saat rapat pertama panitia, rekan seksi naskah yang sudah berpengalaman berhalangan hadir. Saat tiba waktunya presentasi, bingung deh, gak tahu harus bilang apa. Wah, bagaimana sih ya. Untungnya rekan panitia yang lain bisa memaklumi statusku yang menjadi "panitia baru".

Hari ini, 13 April 2013, adalah hari pertama melaksanakan tugas sebagai seksi naskah. Bapak ketua panitia berpesan bahwa aku harus datang di Polres Pasuruan jam 06.30 WIB. Alamak...
Padahal malam hari sebelum bertugas, mata ini tidak mau di ajak kompromi, sehingga baru bisa istirahat jam 03.00 WIB.

Jam 06.00 WIB panitia naskah meluncur ke Polsek Purwosari, kemudian bersama Pak Polisi meluncur ke Polres Pasuruan. Dalam perjalanan, disamping mata masih terasa panas, perut juga keroncongan. Maklum, gak ada yang masak, mamanya Zidane lagi mengunjungi si Mbah yang lagi kangen Zidane.

Suasana di Polres Pasuruan benar-benar ramai. Bayangkan, Sub rayon dan sekolah penyelenggara UN tingkat MA, SMA dan SMK se-Pasuruan berkumpul menjadi satu. Benar-benar super ramai deh. Ada yang sibuk ini, sibuk itu, ada juga yang temu kangen dengan rekan sejawat sehingga acara ini mirip reuni guru se-Pasuruan.

Matahari terus beranjak naik, intensitas keringat pun mulai meningkat, dan mata ini pun makin terasa panas. Dalam hati aku berucap : "Gini ya rasanya jadi panitia ujian". Wow, benar-benar pengalaman baru. Sementara prosesi pengambilan naskah ujian belum selesai juga, SMS dari mahasiswa yang mau presentasi project juga terus berdatangan. Kalo prosesinya agak rumit gini, nggak tahu deh, ntar bisa langsung ke kampus atau tidak.

Detik terus bergerak menuju tengah hari, hingga akhirnya tiba waktunya SMK Darut Taqwa dan Polsek Purwosari menerima jatah naskah ujian. Tanpa ba bi bu lagi, setelah menerima naskah soal, kami langsung menuju ke kantor Polsek Purwosari lagi. Akhirnya pada jam 14.00 WIB semua prosesi ini selesai.

Hhhh, rasanya benar-benar capek, gerah, ngantuk, lapar dan lain sebagainya. Dan akhirnya aku tidak bisa menemui Mahasiswa yang sudah cukup lama menunggu. Maaf ya, kondisinya tidak memungkinkan untuk melakukan aktifitas lagi.
***Benar-benar kesan pertama yang begitu menggoda ^_^


Mengisi berita acara


Sub rayon membuka pack naskah


Diskusi dengan beberapa TPI


Suasana pembagian naskah ujian


Panitia yang lagi bertugas

Coding sambil nunggu giliran

8 comments:

  1. aku kira tiap taun pengambilan naskah UN ada peningkatan, walah dalah malah lebih ribet dari taun kemarin, pake TPI segala, tau khan tadi gimana petugas TPInya untuk sub rayon 02 nggak ngerti prosedur logistik naskah UN, dimana tiap sekolah bawa petugas polisi dari POLSEK masing". kecele khan TPInya, he he he,,malah jadi bahan tertawaan para kepsek wkwkwkwk

    ReplyDelete
  2. begitu ya pak. mungkin TPI yang ini masih baru. jadinya belum paham kayak aku :D

    ReplyDelete
  3. moga aja pelaksanaan UN tidak serumit pengambilan naskah ^_^

    ReplyDelete
  4. semangat trus pak.
    saya yg habis kerja pulang jam 07,30 trus jam 8 ujian sampai jam 14.30 lanjut kerja jam 15.00 masih kuat pak. yang penting niat dan semangat pak.

    ReplyDelete
  5. dik Lia : amin...terimakasih dik.
    andro : kalo di jawa lumayan lancar, tapi kalo luar jawa sepertinya banyak kendala.
    rehan : wah, kerja apa tuh ya, maraton, hehehe. terimakasih buat semangatnya :)

    ReplyDelete
  6. benar2 pengalaman tak terlupakan, alhamdulillah bertambah pengetahuan dan bertambah teman, sukses pak kajur....

    ReplyDelete
  7. gitu ya buk, sebenarnya kangen juga jadi pengawas di sekolah lain, bisa ketemu lingkungan dan orang yang baru.

    ReplyDelete